RSS

Ihtiram & Hormat

23 Aug

Bismillah….

Ihtiram & Hormat

Ihtiram dan hormat erat kaitannya dengan adab dan etika bergaul. Adab bergaul dengan manusia merupakan bagian dari akhlakul karimah. akhlak yang mulia itu sendiri merupakan bagian dari dienul Islam. Walaupun prioritas pertama yang diajarkan olah para Nabi adalah tauhid, namun bersamaan dengan itu, mereka juga mengajarkan akhlak yang baik. Bahkan Nabi Muhammad saw diutus untuk menyempurnakan akhlak dan beliau seorang manusia yang berakhlak mulia.” />

Kali ini yang akan dibahas adalah ihtiram dan hormat terhadap orang yang lebih tua (dari segi usia). Bersikap hormat dan sopan terhadap orang yang lebih tua merupakan kewajiban bagi setiap orang. Nabi saw bersabda “bahwa siapa yang menghormati orang yang lebih tua, maka dia akan dihormati pula bila kelak sudah tua (HR. Tirmidzi)”. Bahkan Nabi saw. menegaskan bahwa tidak termasuk pengikut beliau orang yang tidak menyayangi orang yang lebih muda dan tidak menghormati orang yang lebih tua (HR. Abu Daud dan Tirmidzi). Disebutkan pula bahwa mengormati orang yang lebih tua sama dengan menghormati pemimpin yang adil dan membaca al-Quran (HR. Abu Daud). Dalam Hadits lain disebutkan bahwa termasuk munafik orang yang tidak menghormati tiga macam orang: orang Islam yang lebih tua usianya, orang berilmu dan pemimpin yang adil (HR. Thabrani). Hadits – hadist diatas memerintahkan kepada kita agar berlaku tawadhu dan ihtiram kepada orang tua atau yang dituakan.

Tetapi seiring dengan cara bergaul yang terkesan kian “bebas” maka tidak jarang ihtiram dan hormat terhadap orang lebih tua ini sudah mulai dilupakan. Berbicara dengan nada suara tinggi, tidak menundukkan badan saat lewat didepan orang yang lebih tua hal ini bagi sebagian orang menjadi hal yang biasa. Kurangnya pendidikan norma-norma kesopanan saat masih kecil bisa jadi salah satu penyebab terjadinya hal ini,atau bisa juga karena yang tua pun suka bertindak seenaknya kepada yang lebih muda dengan alasan senioritas. Hal ini tidak bisa dibiarkan terjadi,diperlukannya pendidikan norma-norma kesopanan sejak dini baik dari sekolah mau pun pola didik orang tua, selain itu yang tua pun hendaknya juga bisa menghargai yang muda,memberikan teladan yang baik dengan tidak memanfaatkan sisi senioritas apa lagi sampai bersikap arogan, hal ini diharapkan mampu menanamkan nilai-nilai kesopanan terhadap generasi muda.

Dan Ingatlah:

Sedekat atau seakrab apa pun dengan orang yang lebih tua (usia) maka tetaplah ada batasan-batasan yang harus dijaga kerena kita adalah makhluk yang punya etika.

Wallahu’alam bishowab

izzah_insyirah (Minggu,3 April 2011 @05.29 pm)

 
Leave a comment

Posted by on August 23, 2011 in Al Islam

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: